Senin, 08 Oktober 2012

LAPORAN

  KONKERPROV IV DAN RAKORPIMPROV II
PGRI PROVINSI JAWA BARAT
MASA BAKTI XX TAHUN 2008 - 2013
                                              Bandung 7-8 Oktober 2012
 
Photo bersama  Gubernur Jawa Barat,Ketua PGRI Jabar,Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi.

Alhamdulilah puji serta syukur saya panjatkan ke Hadirat Allah SWT atas curahan rahmat,nikmat dan karunianya saya dapat mengikuti kegiatan Konkerprov IV dan Rakorpimprov II PGRI Provinsi Jawa Barat Masa Bakti XX Tahun 2008 - 2013 yang dilaksanakan di Bandung pada hari Minggu - Senin tanggal 7 - 8 Oktober 2012 bertempat di Hotel Panghegar Bandung.Tulisan ini saya buat sebagai laporan kegiatan kepada Ketua PGRI Cabang Tegalbuleud yang telah menugaskan saya sebagai peserta utusan dari Pengurus PGRI Cabang Kecamatan Tegalbuleud masa bakti xx tahun 2010 - 2015.Tulisan inipun sebagai bentuk terima kasih saya kepada Pengurus PD PGRI Kabupaten Sukabumi dan PB PGRI Provinsi Jawa Barat yang telah sukses menyelenggarakan Konkerprov IV dan Rakorpimprov II tahun 2012.
Dalam laporan ini saya sampaikan kronologis kegiatan dari mulai berangkat dari rumah,selama kegiatan hingga pulang sampai kerumah.Dengan laporan ini semoga Ketua dan seluruh Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Tegal akan menjadi tahu sehingga sekecil apapun semoga informasi ini ada manfaat nya,Amin!
Bapak dan Ibu Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Tegalbuleud masa bakti XX tahun 2010 - 2012 yang saya hormati.Keberangkatan saya ke Bandung untul mengikuti Konkerprov dan Rakorpimprov PGRI Jawa Barat Tahun 2012 adalah melaksanakan tugas dari Ketua Cabang PGRI dan Wakil Ketua Cabang PGRI Kecamatan Tegalbuleud yang karena berbagai hal beliau berdua berhalangan mengikuti kegiatan tersebut.
Atas perintah tersebut maka pada hari Sabtu sore tanggal 6-10-2012 jam 16.00 WIB saya berangkat dari rumah menuju Wisma PGRI Kabupaten Sukabumi.Saya berangkat berdua bersama Pak Cucu Samsu,S.Pd.,M.Pd yang juga ikut kegiatan Konkerprov dan Rakorpimprov PGRI sebagai peserta dari Pengurus PGRI Kabupaten Sukabumi karena beliau menjabat sebagai Pengurus PGRI Kabupaten Sukabumi yaitu sebagai Sekbid Komunikasi dan Informasi.Kami sampai di gedung Wisma PGRI Kabupaten Sukabumi pada jam 19.00 WIB.

Kami bermalam di Wisma PGRI dan akan melanjutkan perjalanan ke bandung shubuh pada jam 04.30 WIB.Banyak peserta dari kecamatan lain yang juga menginap di Wisma PGRI.Kami berempat berangkat ke Bandung dengan mmenggunakan kendaraan dinas Pengurus PGRI Kabupaten Sukabumi sementara yang lain berangkat dengan kendaraan pribadi mamsing-mamsing..Hanya butuh 3 jam diperjalanan tepatnya pada jam 07.30 WIb kami sampai di Gedung Pakuan yang merupakan kompllek kediaman Gubernur Jawa Barat.Ketika kami tiba sudah hadir pula peserta dari Kabupaten Bogor dan Subang.Sementara acara rencana akan dimulai pada jam 09.00 WIB maka masih  banyak waktu buat saya untuk beristirahat sambil melihat-lihat komplek kediaman Gubernur sambil beberapa kali mengambil gambar untuk dokumentasi.Berada di komplek Pakuan merupakan pengalam pertama bagi saya sehingga ada perasaan syukur dihati saya berkat kegiatan konprov dan Rakorpimprop PGRI Jawa Barat saya berkesempatan menjadi tahu sedikit banyak hal ikhwal tentang komplek kediaman Gubernur Jawa Barat.
Jam 09.00 acara dimullai dengan photo bersama dengan Gubernur Jawa Barat dan Ketua PGRI Jawa Barat.Kabupaten Bogor mendapatkan giliran pertama untuk photo bersam dilanjutkan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sukabumi mendapat giliran ke 3 untuk phtoto bersama dengan Gubernur dan Ketua PGRI Jawa Barat.Kegiatan Photo bersama diatur dalam beberapa sesion dan setiap sesion masing-masing 4 kabupaten kota.Peserta yang telah photo bersama selanjutnya menuju ruang pembukaan yang berada di dalam yang meruapakan lapangan Olah raga yang telah ditata sedemikian rupa sehingga tampak indah dan nyaman.Sambil menunggu sesion photo bersama usai kami disuguhi berbagai atraksi seperti Persembahan Paduan Suara PGRI Provinsi Jawa Barat,Alunan Arumba,dan sajian kesenian perwakilan peserta.Dari Kabupaten Sukabumi juga sempat tampil Bapak Asep Durahman melantunkan lagu Widuri yang cukup menghibur juga.
Acacra Upacara Pembukaan dimulai jam 11.00 WIB.Acara selengkapnya adalah sebagai berikut :
a. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
b. mengheningkan Cipta
c. Menyanyikan Lagu Mars PGRI
d. Menyanyikan Lagu Hymne PGRI
e. Ikrar Guru Indonesia
f. Laporan Ketua PGRI Prov.Jawa barat
g. Sambutan Ketua Umum PB-PGRI
h. Sambutan Gubernur Jawa Barat sekaligus membuka resmi acara Konkerprov IV dan Rakorpimprov II PGRI Provinsi Jawa Barat masa bakti xx tahun 2008 - 2013.
h. Do'a
Pada kegiatan menyanyikan Indonesia Raya diikuti oleh seluruh peserta sedankan sedangkan lagu Mars PGRI dan Hymne PGRI dinyanyikan oleh team Paduan Suara PGRI Provinsi Jawa Barat.Ikrar Guru Indonesia dibacakan oleh bapak Dede Hidaya,M.Pd.Laporan Ketua PGRI Jawa Barat oleh bapak drs,H.K.Edi Permadi.M.M.Pd dan sambutan Ketua Umum PB-PGRI disampaikan oleh bapak Dr.H.Sulistyo.M.Pd.Sambutan Gubernur disampaikan oleh bapak H.ahmad Heryawan.LC dan do'a dipimpin oleh bapak Drs.H.endun Sudarman.M.M.Pd.
Dalam laporan Ketua PGRI Jawa Barat,Drs.H.K.Edi Permadi,M.M.Pd menyampaikan beberapa hail diantaranya :
*Ucapan selamat kepada Pemerintah Jawa
   Barat menyandang predikat Wajar Tanpa
   Pengecualian ( WTP ).dalam pengelolaan
   keuangan.
* Ucapan terimakasih kepada Gubernur Jawa
   Barat atas perhatian dan kesungguhannya
   dalam dunia pendidikan yang dibuktikan
   dengan pembangunan 6000 RKB ditahun
    2011 dan 6000 RKB ditahun 2012,Penyaluran
    Dana Bos Prov untuk Pendidikan
    Dasar,Bantuan Siswa Miskin
Pendidikan Dasar,Bantuan Guru Honorer 45 milyar ditahun 2011 dan 46 milyar ditahun 2012 serta bantuan operasional Organisasi PGRI,Bantuan pembangunan Gedung PGRI Jawa Barat Rp,3,5 Milyar.
* Sikap PGRI dalam hiruk pikuk politik adalah PGRI bersifat,Unitaristik,Independen dan Non partai politik namun tidak berarti buta politik.
* Ajakan kepada anggota PGRI untuk berdemokrasi secara santun dan cerdas.
* Memperkenankan Gubernur untuk memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi acara Konkerprov IV dan Rakorpimprov II PGRI Jawa Barat Masa Bakkti XX tahun 2008 - 2013.


Ketua Umum PB-PGRI Dr.Sulistiyo,M.Pd pada sambutannya menyampaikan :
* Ucapan selamat kepada Pengurus PGRI Jawa Barat yang mampu menyelenggarakan Konkerprov dan Rakorpimprov tahun 2012.
* Ada beberapa kebijakan pendidikan yang masih kurang sejalan dengan upaya peningkatan mutu guru bahkan membuat guru tertekan.
* Usulan kepada pemerintah untuk mengadakan pembinaan dan pelayanan kepada guru yang lebih baik.Usulan peningkatan profesi guru diawali dengan Uji kompetensi yang bertujuan untuk pemetaan kompetensi guru dalam rangka untuk pembinaan guru secara tepat sasaran dimasa datang.
* Usulan agar guru yang diangkat sebagai pengawas dan penilik dapat dihargai sebagai guru untuk menghindari krisis Pengawas dan Penilik.Agar hak-hak guru dan pengawas tidak hilang.
* Kode etik guru agar dilaksanakan serius mulai Januari 2013.
* PGRI menyiapkan Dewan Kehormatan PGRI untuk perlindungan guru.
* Penekanan agar anggota PGRI solid dalam mencapai tujuan-tujuan Organisasi
* Pembinaan Kepribadian dan sosial guru.
Sedangkan Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya :
* Ucapan selamat datang kepada Pengurus
    PGRI Jawa barat,Dewan Kehormatan
    PGRI,Dewan Penasihat PGRI,Ketua PGRI
    kabupaten Kota se-Jawa Barat dan Ketua
    Cabang PGRI Kecamatan se-Jawa barat.
* Acara harus sederhana sesuai moto pola
    hidup sederhana,tetapi Cita-cita tidak boleh
    sederhana.
* Semua program khususnya program
    pendidikan merupakan bentuk silaturahmi
   Gubernur.
* Keberkahan berbagai bentuk perlu disyukuri,salah satu nya adalah ketentraman batin,sehingga
   semoga semua mendapatkan ketentraman batin.
* Titip sampaikan salam kepada seluruh Anak didik dan seluruh orang tua wali siswa.
* Penjelasan sejarah singkat komplek gedung Pakuan.
* Harapan agar gedung pakuan jadikan tempat pembeljaran bagi semua.
* Harapan PGRI tetap solid dan mamju tetap berjuang mencapai tujuan organisasi.
* Harapan dari PGRI terbangun Gennerasi Yang Gemilang yaitu generasi yang berkarakter,yakni
    bermoral dan berkarakter profesional.
* Tanamkan kejujuran sebagai hal utama dan pertama sebagai bekal generasi yang bermoral dan
    profesional.
* Sebagai Pemerintah akan memperhatikan guru sebagai ujung tombak pembangunan pendidikan.
* Mendorong agar pendidikan tidak terkontaminasi oleh kepentingan politik lokkal maka
   pendidikan dikembalikan ke pusat.
* Jadikan PGRI tempat diskusi dalam penguasaan IT
* Bantuaan dana untuk oprasional Pengurus PGRI Jawa Barat dan Pengurus PGRI
   Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat.
* Pada pukul 12.00 WIB secara resmi membuka kegiatan Konkerprov IV dan Rakorpimprov II PGRI
   Jawa Barat.
Pada pukul 14.30 Peserta mmenuju tempat kegiatan yaitu di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung.Kegiatan lengkap serta materi serapannya adalah sebagai berikut :




Tidak ada komentar: